SELAMAT DATANG DI BLOG TEMATIK

Kepada seluruh penguna Blog ini kami sampaikan banyak terimakasih telah membuka dan memanfaatkan blog ini sebagai sarana belajar bersama.

Dengan media blog ini di harapkan dapat membantu guru dan tenaga kependidikan untuk bisa memperdalam ilmunya tentang tematik. semoga bisa menjadi salah satu rujukan untuk memajukan pendidikan di tanah air.

Dyah Sriwilujeng

PPPPTK PKn dan IPS

By dyahjoag92

32 comments on “SELAMAT DATANG DI BLOG TEMATIK

  1. Bu mohon di blog ini diberi menu download dan diisi dengan materi yang bisa dimanfaatkan oleh guru dan pengawas sekolah. MIsalnya file presentasi, juknis dalam bentuk PDF, dll. Terima kasih

    • materi-2 di Blog ini masih bersifat knowladge tematik dasar..!
      kalau ada yg kurang di pahami, saya berharap email ke saya utk sama-2 memikirkan solusinya
      trims dan selamat

    • Bu Mila ke wilayah P.Filan ya…? kalau ada masukan terkait dg penyajian para alumni PPPPTK PKn IPS tolong infokan ke saya
      kata Mbak Ari Puji minta jadwal di bulan Oktober ya…?
      kok lama banget…?
      tapi yo gak apa..2 soalnya yg menjadwal memang sangat banyak setelah Bos kita meng instruksikan tematik secara nasional

    • ok… setuju .. karena Blog ini memang utk jendela Tematik… maka isinya memang masih hanya tematik…
      kalau diisi dengan kelas tinggi, 4, 5, 6… maka nama blog juga harus di sesuaikan..?

  2. alhamdulillah……. mudah2n ilmu sya bertambah dengan adanya blog ini
    banyak sekali yg ingin sya tahu terkait dg pembelajaran tematik….mski saya baru membuka
    smoga ini bermanfaat …… n mdah2n tidak bosan dg pertanyaan2 yg saya belum tahu… selamat ya ibu…

    • Pola pembelajaran yang saya buat ini sudah melaui banyak penelitian …
      baik di wilayah Jawa Timur maupun di luar jawa
      semua model penyajian ini bisa diterima di wilayah Mbak Tanthe… dilengkapi dengan
      penelitian Disertasi Bu Ari Pujiastuti Tim Tematik yg skr sudah berhasil capai Doktor Tematiknya
      dan Pola saya ini sudah mengacu banget ke Permendiknas 22/2006 dan 41/2007
      selamat ya…!

  3. Kami tunggu materi-materi yang lain dari Bu Dyah. Teriring salam dari teman-teman Peserta Diklat Lanjut PKn SD. Kata teman-teman “Kangennya sama Bu Dyah belum sembuh benar, sudah ditinggal lagi ke Jakarta”

  4. terima kasih Bu dengan materinya. alhamdulillah sangat membantu kami nanti di daerah sepulangnya dari Diklat ini.
    khususnya TEMATIK.bisa ndak di beri menu / Video tentang pembelajaran Tematik dengan beberapa strategi pembelaran ? trima kasih atas tanggapannya.wassalam.

    • Materi Tematik ini sebagai penunjang diklat..! bukan materi Pokok
      jadi materinya memang tidak digandakan oleh lembaga..!
      tapi kalau menghendaki materi lain selain yang ada di Blog bisa beli CD di Wali Kelas
      Dokumen Laboratorium SD.. mengganti biaya penggandaan..
      oke… silahkan lanjut…!

  5. TERIMA KASIH ATAS KEHADIRAN BLOG IBU. JUJUR SAYA UCAPKAN BAHWA BLOG INI SANGAT MEMBANTU GURU-GURU UNTUK MEMAHAMI TEMATIK. SUKSES SELALU BUAT BU DYAH!

    • terima kasih responnya, Saya akan tambahkan materi-materi pelengkap berkenaan Penyajian Pembelajaran Tematik bagi siswa kelas awal
      (kelas 1, 2, dan 3). ini merupakan Pola yang telah saya kembangkan, mulai dari pengkajian SK & KD, membuat pemetaan, silabus, RPP sampai dengan penilaiannya. dan untuk mengetahui ketercapaian indikator, saya sudah buat alat Uji Kompetensinya dengan 3 aspek (KAP)
      semoga dapat beradaptasi dengan model yang saya berikan.
      selamat bertugas..!

  6. Assww bu Dyah, sy sangat amat senang dan berterima ksh ,sdh bisa ikut pelatihan Tematik di bawah bimbingan bu Dyah,pak Didik dan pak Cahyono,banyak sekali ilmu baru yg sy dapatkan dr bu Dyah,sehingga sy bisa menyamakan persepsi dr ilmu yg bu Dyah berikan kpd sy.namun ada satu yg belum sy temukan dr blog bu Dyah tentang Program Mingguan, menurut ibu bagaimana dg program mingguan krn kami di Jakrta membuat program mingguan itu bu ? dalam Program mingguan itu kami membuat kegiatan dr hr Senin s.d jumat dg indikator yg di masukkan perhari itu dalam 1 minggu. indikator itu menjadi kegiatan belajar mengajar Tematik.

    • Waah… itu pertanyaan orang pinter…! pada saat Closing, saya infokan bahwa ada naskah Pemetaan yang tercampur dengan format Promes
      kalau di penggal bisa menjadi Program Mingguan. saya memang tidak membuat format untuk yang mingguan
      karena selama ini memang tidak yang tanya tentang hal tersebut. dengan pertanyaan Bapak, sebuah tantangan bagi saya dan Tim, untuk segera membuat contoh dimaksud. terus terang jarang yang bertanya tentang Program Mingguan, sehingga tidak ada dalam naskah-naskah saya.
      trima kasih responnya Pak…!
      harapan saya selalu dijalin kontak lewat fasilitas ini.
      selamat bertugas kembali… trima kasih
      (Bu Dyah S – PPPPTK PKn IPS)

  7. aslmkum…Bu saya adlh slah satu peserta yg ikut pelatihan tematik yg kmarin dilaksanakan di Bogor tepatnya di SD HEGARMANAH dan bu dyah sndiri sebagai pematerinya, maaf bu ada hal yg msih blum puas sya dptkan dri hsil pelatihan kmarin,,,
    kmarin sya malu untuk brtnya, wktu kmrin kn ibu bilang kalau pembelajaran tematik itu bukunya wajib yg tematik tidak per mapel tapi knpa pada saat UTS atau US soal-soalnya tidak berdasarkan tema, itu yg membuat saya bingung apakah sya hrus menggunakan buku yg tematik atau yg mapel???
    sya snagt berterimakasih jika ibu mau menawab keluhan dan pertnyaan yg saya ajukan….
    wasslmkum……

    • Mbak Wulan sayang…! sebenernya gak usah malu kalau mau tanya…! supaya penjelasannya lebih panjang dan langsung
      kalau dg cara ini kan terbatas..! tapi baiklah…!
      sekali lagi..! Tematik dibelajarkan dengan TEMA sebagai pemersatunya… jadi Buku sebaiknya menggunakan Tematik..?
      kalau Buku Mata Pelajaran… itu adalah buku referensi atau buku sumber belajar..! ketika penyajian… dengan buku tematik, maka
      belajarnya berdasarkan temanya dan berbagai mata pelajaran disatukan supaya anak belajarnya bermakna dan mudah dipahami..!
      tetapi yang diuji kompetensinya, yang diukur keberhasilan belajarnya, adalah tetap per mata pelajaran..!
      saya contohkan kemarin ibarat makan, supaya enak rasanya, maka makannya tentu sesuai menu. tetapi ketika mengukur bahwa yang dimakan itu memang dibutuhkan oleh tubuh, vitaminnya lengkap apa tidak.? maka akan diukur dengan tes di laboratorium..!
      berbeda … ketika makan dengan ketika melakukan tes apa kandungan yang dimakan..!
      gitu ya Mbak ..?

  8. Terimakasih untuk Blognya ibu Dyah yang baek
    Salam untuk Bapak SImorangkir peserta training of trainer dari Sidikalang
    Salut buat Bapak Ibu guru yang saat ini mengikuti TOT di Malang
    Deep Respects
    Robert Manurung

    • Peserta TOT Tematik di Kota Batu-Malang Jawa Timur semangatnya hebat-hebat
      ketika peserta ber interaksi dengan menggunakan Komputer dan Laptop dalam aktivitas E-Learning…. ternyata sulit dihentikan
      bahkan di persilahkan istirahat saja merasa sayang meninggalkan komputernya.
      peserta yang awalnya tidak punya alamat e-mail dan apalagi berkirim salam dan naskah melalui e-mail…!
      ternyata dalam waktu relatif singkat (setengah hari jam 08.00 s.d 12.00) 35 peserta TOT sudah berhasil memiliki alamat e-mail
      dan telah berkirim problematika pembelajaran Tematik di wilayahnya… yang dihadapi guru dan kepala sekolahnya.
      nara sumber pun merasa puas dengan semangat peserta. atas nama lembaga PPPPTK PKn IPS SAYA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH.
      harapan saya aktivitas saling berkirim problematika ini tidak berhenti sampai kegiatan TOT ini berakhir.
      tetapi masih terus berlanjut dengan tetap menggunakan fasilitas e-mail ini untuk bersama-sama mencarikan solusi.
      bagaimana caranya kebijakan pemerintah melalui Permendiknasnya dapat di akomodasi dan dilaksanakan sebaik-baiknya di jajaran kependidikan
      okee… thanks…!

  9. Bu, saya peserta workshop dari kecamatan Gending mau tanya, guru sertifikasi sudah mempunyai sertifikat tapi kenapa masih diadakan ujian kompetensi? apa tujuan dari ujian kompetensi tersebut?? terima kasih.

    • Saya pingin tanya… serius lhoo…! apakah guru yang sudah Sertifikasi sudah secara Signifikan..? memahami Kompetensi Guru…? (Kompetensi Pedagogi, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial dan Kompetensi Profesional..?) apabila sudah memahami misalnya salah satu kompetensi Pedagogi… guru menguasai dan melaksanakan Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompt Lulusan…? menyusun Silabus dan RPP yang memuat Nilai Karakter Bangsa dan juga mengakomodasi komponen Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi…? melakukan PTK, menyusun instrumen penilaian yang memuat aspek kognitif, afektif dan psikomotor…? mengacu pada Standar Penilaian.. dengan berbagai cara alat penilaian..? sedangkan Kompetensi Profesionalnya, guru menguasai materi-2 yang ada dalam Kurikulum/Standar Isi, menguasai pendekatan, metode, teknik menilai, teknik membelajarkan secara akfti (PAKEM). pertanyaan lagi… apakah bapak yakin…? bahwa guru yang sudah bersertifikasi… etos kerjanya, kinerjanya, produk hasil kerjanya, dedikasinya dipastikan lebih bagus dari yang belum sertifikasi..? makanya ada pemikiran justru guru yang sudah bersertifikasilah yng akan diusulkan menjadi peserta UK terlebih dulu….!

  10. maaf kalau saya boleh menanggapi pertanyaan dari Pak Gatot atas jawaban Bu Diyah,bahwa salah satu tujuan dari sertifikasi guru tertuang dalam PP dan disana sudah jelas di jabarkan apa-apa yang harus di penuhi guru yang telah memegang sertifikat Pendidik.wajiblah bagi pemegang kebijakan untuk mengukur ulang kinerja dan kualitas guru pasca sertifikasi.saya sangat setuju dengan apa yang disampaikan Bu Diyah tersebut bahwa pertanyaan pertanyaan itu masih relatif banyak belum terjawab oleh para guru yang sudah bersertifikat.untuk itu wajarlah UK ulang untuk guru yang sudah tersertifikasi diadakan…

  11. Salam dari Tomohon,sekalipun hampir setiap hari di guyur debu vulkanik gunung lokon,tapi semangat sosialisasi pembelajaran tematik tetap membara sampai kewalahan.tambah semangat lagi ketika membuka blog pembelajaran tematik ini sperti kafilah yg menemukan air di tengah padang pasir.pengetahuan bertambah ,wawasan tambah luas dan terbayar lelahku yang pasti goodbye..mapel.Jadi ngerti banget.terimakasih P4TK,terimakasih BUNDA TEMATIK.Bu ada usul nih klo boleh tolong masukkan di bolg ini contoh KKM kls 3 dari Ibu.Biar seirama dengan dengan buku-buku tematik karangan Ibu,boleh kan Bu?Gb all.

  12. Mba Dya, salam dari Negeri Ikan Paus, Lembata – NTT. saya ekky pengiat LSM dan pemerhati pendidikan di Lembata. Setahun yang lalu Lembaga kami bersama Pengawas TK/SD melakukan assesment dan survey di 93 sekolah yang menjadi dampingan kami. temuan yang kami dapatkan bahwa angka mengulang kelas sangat tinggi mencapai 20% terutama di kelas 1. selah dianalisis lebih jauh penyebab utama karena penerapan metode pembelajaran yang keliru. Dalam hal ini metode pembelajan kelas awal disamakan dengan kelas lanjut. Menurut kami Pembelajaran Tematik menjadi salah satu solusi untuk permasalahan tersebut. Apakah Mba bisa membantu kami memfasilitasi ToT tematik di Lembata, karena ter faslitator Tematik di Lembata masih sangat terbatas atau merekomendasi fasilitator di NTT yang menurut Mba bisa membantu kami. Terima kasih
    Salam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s