LABORATORIUM TEMATIK

Mohon maaf halaman ini masih dalam perbaikan.

14 comments on “LABORATORIUM TEMATIK

  1. Ass wr wb ibu,Setelah kami pelajari silabus,RPP yang kami unduh dari blog ibu,ternyata silabus hanya satu tema dan RPP hanya 6 pertemuan sedangkan kami sangat ingin sekali melanjutkan
    membuat RPP ke tema2 berikutnya kami hrs mengacu ke silabus yang mana karena silabus yang dr Dinas Pendidikan temanya tidak sama dg yang dari ibu. Apakah kami harus membeli buku tematik satu set dulu? Kemudian kalau kami membeli satu set buku tematik kelas I,apakah sudah lengkap silabus,RPP satu tahun dan kaset pembelajarannya? Trima kasih ibu

    • RPP dan Silabus untuk 1 tahun memang sudah saya siapkan untuk membantu teman-teman guru yang memang memerlukan..! Tema-tema buatan saya sudah ada sejumlah 36 tema untuk kelas 1, 2 dan 3. masing-2 kelas berjumlah 12 tema selama sat tahun..! tidak ada tema-tema lain yang dibuat oleh lembaga yang bernaung di bawah kementerian.. kalau  ada… itu  bukan buatan lembaga nya yang membuat..! tetapi sekelompok orang dengan kegiatan yang diadakan untuk pembahasan pembuatan contoh..! kalau melihat tema.. silahkan mengevaluasi terlebih dulu… adakah ketentuan-ketentuan bagaimana analisis pembuatan tema, persyaratan dan langkah-2nya apakah sudah melalui prosedur dan mekanisme pembuatan tema..? karena syaratnya  1) membuat/memilih tema, 2) menganalisis SK dan KD 3) mengacu pada kurikulum yang berlaku 4) membuat Pemetaan 5) membuat Silabus Tematik dan 6) menyusun RPP Tematik. memuat Nilai Karakter Bangsa dan Budi Pekerti sebagai wadah karakter bangsa tidak boleh dijadikan tema, apalagi ada tema Pendidikan misalnya itu arahnya akan kemana..? dan SK KD nya ikut yang mana..? saya tidak bisa menjawab apakah Ibu akan membeli buku atau tidak… karena saya juga tidak tahu apa yang Ibu perlukan dan kepentingannya dengan membeli buku…? oke….! selamat bertugas,

      ________________________________

  2. Salam Jumpa,
    Tematik Sudah mewarnai di daerah kami, Hanya kami ragu karena Penilaian Kinerja guru yang menilai ternyata 1 guru senior dan Kepala Sekolah, Ditambah 1 dari Dinas Kab. Padahal saya yakin Kalau pengetahuan beliau tentang Tematik masih awam mengingat setiap ada pembinaan tentang tematik calon penilai malah tidak pernah hadir, Saya khawatir PK Guru tidak max. dan dan tidak rasional.

    • baha PK Guru mengacu pada Kompetensi Guru = Pedagogi,Profesional dengan tetap mengamati Kepribadian dan Sosial.
      sekarang Puskurbuk sedang dalam proses dan masih berlangsung, membuat rambu-rambu untuk pemberlakuan Tematik
      bagi siswa SD/MI kelas 1, 2, dan 3. bahkan akan memberikan petunjuk pelaksanaannya juga. mulai dari Jaringan, Silabus dan RPP nya
      sudah sejak bulan Maret, April dan akan di Validasi bulan Mei yad. selanjutnya akan di mintakan rekom BSNP untuk di legalisasi oleh Mendikbud
      tidak ada lagi alasan para pendidik dan tenaga kependidikan tidak mengetahui dan tidak melaksanakana kebijakan Permendiknas.
      oke… terus saja bekerja… sepanjang sudah mengacu pada Permendiknas 8 Standar… Ibu sudah sangat aman…!
      ibu yang benar…

  3. Trimakasih untuk petunjuknya,smoga Dunia pendidikan akan pesat kemajuannya dengan diberlakukannya PKG, Dan teman teman segera tinggal landas untuk belajar dan belajar.
    Dan Kebijakan di lapangan tidak lagi berbenturan dengan PerMen. mengingat Bapak dan Ibu Guru sudah membekali diri dengan payung hukumnya.
    Tidak ada kata terlambat untuk berkarya di dunia Pendidikan !
    Salam Hormat dan terimakasih buat Ibu Dyah, Bu Ari dan Widyaswara di P4Tk , yang selalu sabar dalam menjawab ketidak tahuan kami.

    • he..he..he.. katanya pendidik itu harus sabar ya…? kita ini banyak menghadapi berbagai karakter ya…? kalau kita memposisikan hati kita dalam menghadapi permasalahan, kita akan rugi sendiri karena kita jadi marah… tapi gak tahu…? harus marahnya ke siapa dan orang yg membuat kita marah.. gak tahu menahu kalau kita sebenernya marah…? gitu kan…?

      ________________________________

  4. Assalamualaikum kami mohon diberi contoh jadwal pelajaran tematik kelas I dengan tema ;Diri sendiri, Keluarga ,Lingkungan, Pengalaman, Kegemaran, Budi pekerti terima kasih

  5. Assalamualaikum, saya peserta workshop Tematik di Banjarbaru, mohon informasinya bagaimana cara mendapatkan seluruh materi diklat wokshop Tematik yang ibu sampaikan waktu itu. termasuk video pembelajaran tematik, lagu2 anak beserta teksnya. atau bagaimana cara mendapatkan CD Pembelajaran tematik yang waktu itu ibu tunjukkan kepada peserta workshop. terima kasih.

  6. Ass. Bu trmksh untuk JarTemSil RPP kelas 3 sem 1 yg punya ibu saya sdh gunakan, dan sangat mmbantu. jg karena di tunjang dengan buku bahan ajar yang saya pesan dari Ibu. tp saya ksulitn krn yg JarTemSilRPP sem. 2 gk ada.klo bs dimana saya bisa unduh biar lengkap. Terimakasih kesediaan dan bantuan Ibu untuk kelancaran pekerjaan saya…wassalam

  7. Assalamualaikum, Bu teman-teman guru di daerah saya bertanya perihal tematik. Seiring akan diterapkan TEMATIK INTEGRATE bagi kelas 4,5,6, apakah tematik kelas 1,2,3.akan ada perubahan?Terutama mata pelajarannya?Penyusunannya ? dan lain-lain? Klo gak keberatan mohon penjelasannya ya Bu?
    Satu lagi saya mo tanya..Bu bagaimana pesanan saya apakah Ibu sudah mengirimkannya? Maaf klo saya sudah lancang dan merepotkan Ibu..Mohon info ya Bu..Terimakasih banyak…Wassallam.

    • Saya kirim buku tematik cetakan. Kemarin ke alamat yg sdh di infokan. Tematik kls 1 s.d kls 6 Tematik Integratif. Sama seperti pola yg sudah saya ajarkan.
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

  8. Baik Bu, terimakasih banyak atas kesediaan, kebaikan hati dan perhatian Ibu dengan pendidikan di daerah. Smoga Allah swt melimpahkan rahmat-NYA buat Ibu sekeluarga. Amiin. Wassalam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s